7 Cara Alami Menghilangkan Komedo

Masalah pada kulit wajah yang sering dikeluhkan dan terjadi pada banyak orang yaitu komedo. Meskipun bentuknya kecil namun hal ini tentu tidak membuat nyaman karena permukaan kulit menjadi terlihat kasar dan bertekstur. Sel kulit mati dan banyaknya produksi minyak adalah sebab dari timbulnya komedo.

Memang, menghilangkan komedo secara permanen itu sulit. Namun ada cara yang alami untuk menghilangkan komedo dan mencegah timbulnya komedo semakin banyak.

Berikut 7 cara alami untuk menghilangkan komedo :

  • Dengan air hangat

Air hangat digunakan untuk membuka pori - pori, sehingga kotoran yang menempel pada kulit dapat keluar dengan sendirinya.

Caranya yaitu masak air terlebih dahulu hingga mendidih, kemudian tuang di sebuah wadah. Hadapkan pada wajah kalian, biarkan uap air membuka pori - pori kalian.

  • Menggunakan baking soda

Kegunaan dari baking soda yaitu mengangkat sel - sel kulit mati yang menempel dan menumpuk pada kulit wajah.

Caranya : tuangkan baking soda sesuai kebutuhan, masukan air sedikit hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada kulit wajah kalian.

  • Kopi dan gula

Perpaduan kopi dengan gula ini memang biasanya dibuat sebagai minuman. Tapi bisa juga lho digunakan sebagai bahan scrub alami untuk mengangkat sel - sel kulit mati. Sehingga kulit menjadi terasa halus dan bersih.

Caranya yaitu dengan membuat pasta dari kopi dan gula secukupnya, kemudian aplikasikan pada wajah kalian secara merata sambil digosok perlahan. Sebelumnya jangan lupa mencuci muka dahulu ya.

  • Perasan lemon

Dalam lemon terkandung asam alpha hidroksin, manfaatnya adalah menangkal radikal bebas dalam kulit. Air perasan lemon juga dapat menghilangkan komedo.

Caranya, peras air lemon. Kemudian oleskan air perasan lemon pada kulit wajah yang berkomedo. Diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Gel lidah buaya

Lidah buaya mempunyai banyak sekali manfaat. Selain bisa membersihkan komedo, dapat juga mencerahkan wajah dan mengecilkan pori - pori.

Caranya yaitu ambil gel lidah buaya, aplikasikan secara merata pada kulit wajah yang berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Putih telur

Sama halnya dengan lidah buaya, putih telur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Putih telur ini dapat mengecilkan pori - pori, membersihkan dari komedo dan membuat wajah terlihat bersih.

Caranya, pisahkan terlebih dahulu putih dengan kuning telurnya. Ambil putihnya, kemudian kocok merata. Bila terasa bau amis dapat juga ditambahkan dengan perasan lemon. Aplikasikan pada wajah secara merata jadikan seperti masker. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Madu

Madu yang kita tahu mengandung banyak anti oksidan. Madu juga bisa dijadikan pelembab alami lho.

Caranya yaitu, oleskan madu pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Gimana gampang kan sis? Apalagi bahan - bahan yang digunakan alami dan juga mudah sekali didapatkan di rumah kalian. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Ini 7 Penyebab Mata Kering yang Perlu Diwaspadai