Jerawat, Apa sih itu? Lalu Tipe - Tipenya Apa Saja?

Jerawat adalah suatu kondisi dimana kulit menjadi bertekstur yang disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah dan kotoran menyumbat pori - pori.

Uhh..pasti kalian kesel kan bila muncul jerawat di area wajah. Wajah terlihat bergelombang karena adanya benjolan jerawattttttt! Apalagi dengan adanya jerawat dapat mengganggu penampilan. Bukan hanya itu, jerawat juga dapat meninggalkan bekas yang  tak kalah menyebalkan. Belum lagi dengan jerawat yang besar dan tidak kempes - kempes.

Sebelumnya, apakah kalian sudah memahami tipe - tipe jerawat yang biasa muncul pada wajah? Mari kita pahami terlebih dahulu tipe - tipe jerawat berikut ini.

  • Whitehead dan Blackhead

Whitehead dan blackhead merupakan komedo, yaitu tipe jerawat dasar. Komedo ini terbentuk karna minyak pada wajah dan pori - pori yang tersumbat. Whitehead biasanya berbentuk bulat kecil dan berwarna putih. Tipe whitehead ini berada di bawah permukaan kulit jadi biasa disebut dengan komedo tertutup. Sedangkan blackhead ini berada di permukaan kulit dan berwarna hitam, biasa disebut dengan komedo terbuka.

Banyak yang sering menyepelekan komedo, bila tidak ditangani dengan tepat maka bisa menjadi jerawat lho sis! Maka dari itu bila sudah terlihat adanya komedo pada wajah kalian segera atasi ya.

  • Jerawat papules

Tipe jerawat ini adalah yang paling mudah diatasi. Bentuk dari jerawat ini adalah bulat dan berwarna pink kemerahan, dan tidak terasa sakit bila disentuh.

Nah..jerawat tipe ini adalah lanjutan dari komedo yang tidak segera diatasi. Sehingga kotoran dan bakteri berkumpul dan bertumbuh jadilah jerawat papules.

  • Jerawat pustules

Jerawat ini adalah lanjutan papules, hanya saja tipe ini ditandai munculnya nanah di permukaan jerawat yang menyebabkan peradangan sangat parah. Jika disentuh akan menimbulkan rasa sakit pada sekitaran tumbuhnya jerawat.

Bila jerawat kalian termasuk tipe ini, jangan sekali - kali dipencet. Karna dapat menimbulkan infeksi dan noda bekas jerawat.

  • Jerawat batu

Nahh tipe jerawat yang satu ini paling sulit dalam penangannya. Dan paling sering dikeluhkan oleh beberapa dari kalian bukan? Jerawat ini berbentuk bulat besar dan terdapat nanah juga terasa keras bila disentuh. Sama halnya dengan tipe jerawat lainnya, jangan coba - coba untuk memencetnya ya sis!

Setelah mengetahui tipe - tipe jerawat diatas, sekarang kalian sudah tahu kan tipe mana jerawatmu. Lakukan penanganan segera ya, konsultasikan juga dengan dokter andalanmu.

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Ini 7 Penyebab Mata Kering yang Perlu Diwaspadai

Tips Mengatasi Mata Kering