Apa Saja sih Penyebab Timbulnya Jerawat

Beberapa dari kalian pasti pernah mengalami namanya berjerawat bukan? Pasti menyebalkan sekali ketika si bintik merah ini muncul pada wajah kita. Nah terkadang kita salah kaprah soal munculnya jerawat. Entah kita menyalahkan perawatannya atau skincare yang kita gunakan bahkan menyalahkan kosmetik. Padahal bukan hanya itu saja lho sis.

Yuk mari kita simak, apa saja sih penyebab munculnya jerawat.

Berikut adalah kondisi yang menyebabkan timbulnya jerawat :

  • Produksi sebum yang berlebih.

Kondisi seperti ini dimana kelejar minyak memproduksi minyak terlalu berlebih. Sehingga dapat menyumbat pori - pori. Hal itu dapat menimbulkan jerawat.

  • Pubertas

Pada masa ini, hormon akan meningkat. Yang menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih dari yang dibutuhkan oleh kulit wajah.

Dengan banyaknya produksi minyak pada kulit wajah, menyebabkan kotoran, bakteri mudah menempel pada wajah. Sehingga dapat menimbulkan jerawat.

  • Faktor Keturunan

Bila seseorang dari keluarganya ada yang bermasalah dengan jerawat, maka keturunannya pun berisiko mengalami masalah jerawat pula.

  • Alergi makanan tertentu

Alergi dapat menyebabkan timbulnya kemerahan dan pembengkakan. Hal ini dapat memicu bakteri penyebab jerawat.

Alangkah baiknya kita selalu waspada, bila terjadi perubahan pada kulit ataupun tubuh kita, harus langsung segera dihindari ya sis!

  • Air yang digunakan tidak bersih

Baiknya saat mencuci muka gunakan air yang mengalir bukan dengan air yang ada di suatu tempat atau bak. Karena mungkin air yang di dalam bak sudah bercampur dengan sisa sabun dan lain - lain.

 

Nahh...gimana sekarang kalian sudah tahu kan penyebab jerawat apa saja. Bisa jadi jerawat muncul bukan karena skincare atau kosmetik yang kalian gunakan. Dan selalu konsultasikan pada dokter ya bila jerawat atau kondisi kulit wajahmu mulai bermasalah!

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Ini 7 Penyebab Mata Kering yang Perlu Diwaspadai