Jus Untuk Diet Sehat dan Alami

diet

Untuk membantu menurunkan berat badan, banyak pakar kesehatan menganjurkan seseorang mengkonsumsi jus untuk diet, terutama jus yang terbuat dari buah, sayur, ataupun kombinasi keduanya. Selain memberikan banyak nutrisi penting (seperti vitamin dan mineral), umumnya buah dan sayur juga rendah kalori. Kandungan seratnya pun tinggi sehingga membantu melancarkan saluran cerna dan metabolisme tubuh. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah kandungan antioksidannya tinggi, sehingga bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit.

Bahan jus untuk diet yang biasa dikonsumsi ialah buah-buahan dengan sedikit rasa masam seperti nanas, jeruk, apel, dan strawberry. Sedangkan, untuk sayurannya dipilih yang memiliki rasa netral, antara lain mentimun, sawi, selada, bayam, wortel, seledri, dan brokoli. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah contoh jus untuk diet yang efektif menurunkan berat badan secara alami :

jus3
Jus wortel

Wortel baik untuk menurunankan berat badan karena rendah kalori dan lemak, serta kaya akan vitamin A, C, K, dan mineral penting lainnya. Segelas jus wortel juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk memecah glukosa dan lemak sehingga meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Jus bayam

Bayam merupakan bahan jus untuk diet yang kaya serat, vitamin, mineral (zat besi), dan tentunya rendah kalori. Serat yang terkandung dalam minuman ini menjaga rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan menurun.

Jus tomat dan mentimun

Tomat dan mentimun menyediakan nutrisi berupa vitamin A, antioksidan, dan yang pasti rendah kalori. Sama halnya seperti bayam, jus yang terdiri dari tomat dan mentimun juga kaya akan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi rasa ingin makan yang berlebih.

Jus seledri dan buah bit

Seledri dan buah bit memberikan banyak nutrisi seperti vitamin C, folat, magnesium, zat besi, dan kalium, dengan sedikit kalori. Minumlah segelas jus untuk diet ini sebelum berolahraga agar meningkatkan stamina dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Jus sawi, apel, lemon

Kombinasi buah dan sayur ini mengandung zat antioksidan, potasium, dan serat yang berlimpah yang membantu menurunkan berat badan. Sebagai variasi, Anda dapat mengganti sawi dengan brokoli, atau mengganti perasan air jeruk lemon dengan buah nanas.

Namun, jangan sembarangan mengkombinasikan buah dan sayur untuk dibuat jus untuk diet Anda. Pilihlah buah dan sayuran yang segar, gunakan perbandingan 70% sayuran : 30% buah, ketahui kandungan dan jenis serat agar tidak menggangu saluran cerna, minum bersama ampasnya, jangan disimpan terlalu lama (lebih dari 12 jam) karena vitamin yang ada dapat rusak, dan minimalkan penggunaan gula, sirup, atau susu sebagai campuran karena hanya akan mempertinggi kalori.

Masih banyak lagi variasi jus untuk diet selain yang telah kami sebutkan. Dengan kombinasi buah dan sayur seperti ini, dinilai lebih praktis karena Anda tidak perlu makan buah dan sayuran satu persatu. Bagi Anda yang tidak begitu doyan makan sayur, dengan pengkombinasian yang tepat, rasa pahit dari sayuran akan tersamarkan oleh rasa buah yang segar. Salam Sehat :)

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Ini 7 Penyebab Mata Kering yang Perlu Diwaspadai