Menjaga Kesehatan Sendi

sendi

Sendi, berfungsi menghubungkan tulang agar bagian tubuh tersebut dapat bergerak dan menyokong berat tubuh. . Sendi juga disebut sebagai engsel. Bagian tubuh ini terletak di banyak tempat, antara lain : ruas jari tangan dan kaki, siku, pergelangan tangan, bahu, tulang belakang, rahang, panggul, pangkal paha, lutut, antara tulang dada dan tulang selangka, serta pergelangan kaki. Persendian terbuat dari jaringan ikat fibrosa dan tulang rawan beserta sinovial sebagai bantalan divantara kedua ujung tulang.

Seperti bagian tubuh yang lain, persendian juga dapat mengalami kerusakan atau aus jika tidak dirawat dengan baik. Kerusakan sendi ini dapat menimbulkan gangguan yang disebut dengan radang sendi. Dan tentu saja keluhan radang sendi ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika dibiarkan.

Bagaimana cara merawat sendi agar tetap berfungsi dengan baik?

  1. Menjaga berat badan ideal : Berat badan yang berlebih dapat membebani persendian dan menyebabkan kerusakan sendi secara perlahan. Biasanya terjadi pada persendian di daerah lutut, pinggul, dan punggung.olahraga sendi

  2. Banyak bergerak : Kurang gerak membuat sendi menjadi kaku. Banyak bergerak dan rutin olahraga akan membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi agar tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Bahkan, olahraga dapat membantu menjaga fungsi sendi. Namun dalam berolahraga dan menggerakkan persendian sebaiknya tidak berlebihan untuk menghindari cedera.

  3. Menjaga postur tubuh : Postur tubuh yang buruk dapat mengganggu keseimbangan serta menyebabkan persendian menjadi nyeri dan rusak karena adanya tekanan pada sendi. Sebaiknya membiasakan diri untuk selalu dalam postur tubuh yang baik seperti pundak sejajar, dada tegak, perut sedikit ditarik ke dalam, dan telapak kaki menghadap ke depan.

  4. Mengangkat benda dengan posisi tubuh yang benar : Disarankan untuk tidak  mengangkat benda berat dengan membungkuk atau mengangkatnya setinggi bahu.

  5. Mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan fungsi sendi : Buah dan sayur-sayuran berwarna, makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, oatmeal, kacang walnut, kunyit, dan makanan yang kaya akan antioksidan.

  6. Mengkonsumsi suplemen khusus untuk persendian : Umumnya suplemen persendian mengandung glukosamin dan kondroitin yang berfungsi menjaga kesehatan persendian, sebagai pelumas sendi, dan membantu mengurangi nyeri pada keluhan radang sendi.


Jaga selalu kesehatan persendian agar Anda bebas bergerak dan tetap dapat beraktifitas tanpa adanya gangguan. Apabila Anda mengalami nyeri sendi dan keluhan persendian lain, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Tips Mengatasi Mata Kering