Khasiat Buah Pepaya Yang Perlu Anda Ketahui

buah pepaya

Pepaya, atau Carica papaya (nama latin), hampir semua orang mengenal buah yang satu ini. Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini memiliki banyak manfaat. Mulai dari buahnya yang masih muda dan daunnya, dimanfaatkan sebagai bahan masakan atau jamu, serta daging buahnya yang masak dapat langsung dikonsumsi atau sebagai campuran membuat koktail atau es buah. Tahukah kamu, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

Apa saja manfaat buah pepaya bagi kesehatan?

  1. Menurunkan kadar kolesterol. Buah pepaya kaya akan kandungan peptin dan serat yang dapat mengurangi penyerapan lemak, mengikat empedu, dan menurunkan kadar kolesterol.

  2. Membasmi cacing dalam perut. Tidak banyak orang tahu bahwa biji buah pepaya dapat membasmi cacing perut dan biji-pepayakuman tertentu. Biji pepaya tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau dikeringkan kemudian ditumbuk dan diseduh seperti kopi.

  3. Mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan vitamin, antioksidan, dan antikolesterol dalam buah pepaya, memiliki efek jangka panjang mencegah penebalan pembuluh darah sehingga menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

  4. Menyehatkan organ reproduksi. Selain peptin, pepaya juga kaya akan kandungan asam folat yang dapat meningkatkan kesuburan, serta menjaga kesehatan janin dan kandungan.

  5. Menjaga kesehatan mata. Warna jingga pada buah pepaya menandakan bahwa buah ini mengandung betakaroten (provitamin A) yang berkhasiat menjaga kesehatan penglihatan.

  6. Meredakan peradangan. Kandungan vitamin, antioksidan, dan enzim papain dalam buah pepaya dapat membantu meredakan peradangan.

  7. Melancarkan pencernaan. Selain dikenal sebagai buah antisembelit, buah pepaya juga berfungsi merangsang produksi enzim-enzim pencernaan.


Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah pepaya. Namun, sebaiknya tetap dikonsumsi buah ini dengan batas wajar ya, sobat sehat. Karena konsumsi yang berlebihan justru membuat Anda kehilangan semua manfaat di atas.

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Tips Mengatasi Mata Kering