BELL'S PALSY

Bell's Palsy disebabkan oleh radang pada saraf otak di daerah wajah yang juga bisa dicetuskan oleh infeksi virus. Gejala klinis yang paling sering terjadi adalah otot wajah yang tidak dapat digerakkan dan terasa lumpuh, serta satu sisi wajah terlihat mencong / miring. Penderita umumnya mengalami kesulitan menutup mata dan mulut, tidak dapat mengangkat alis, serta sulit saat hendak makan dan berbicara kurang jelas. Tingkat keparahannya bervariasi, bisa hanya seperti kesemutan hingga kelumpuhan total.

bellspalsy

Terapi yang diberikan berupa terapi suportif atau terapi untuk mengurangi gejala yang ada. Bell’s palsy umumnya diobati dengan pemberian kortikosteroid serta terapi kombinasi yaitu dengan melibatkan pemberian obat-obatan antivirus dan B12.

Selain itu, sobat sehat juga dapat melakukan aktivitas fisik dengan melatih gerakkan otot wajah di depan cermin, memberikan kompres, dan juga melakukan pemijatan sebagaimana yang dilakukan saat menjalani fisioterapi untuk memberi kesempatan saraf memperbaiki diri. Namun, aktivitas atau terapi fisik yang terlalu agresif tidak dianjurkan.

 

 

Sumber: Halo Apoteker

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Tips Mengatasi Mata Kering