Seni Mengkonsumsi Coklat

Coklat, menjadi salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak, coklat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mengkonsumsi coklat dapat membuat perasaan menjadi lebih nyaman, mengurangi stres, dan merilekskan tubuh. Bahkan coklat dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

dark chocolate

Tentu saja manfaat kesehatan itu dapat diperoleh apabila coklat yang dikonsumsi adalah jenis coklat hitam, dalam takaran yang tidak berlebihan dan dengan cara yang tepat. Karena coklat hitam merupakan jenis coklat yang lebih sehat dibandingkan jenis coklat susu dan coklat putih. Meski rasanya tidak terlalu manis, kandungan antioksidan dalam coklat hitam juga lebih tinggi dibandingkan jenis coklat yang lain

Bagaimana seni mengkonsumsi coklat hitam yang benar dan sehat?

  1. Dikonsumsi sebagai minuman panascoklat panas


Minum coklat panas, terlebih pada saat cuaca dingin, memang sangat nikmat. Selain membuat tubuh menjadi hangat, coklat hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, menstimulasi otak, dan mengurangi stress. Bubuk coklat yang diseduh juga lebih kaya akan kalsium dan zat besi, dibanding dengan coklat olahan.

  1. Mengkonsumsi coklat dengan buah


Buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Sehingga, apabila dikonsumsi dengan coklat hitam leleh, akan menambah nilai gizi keduanya. Adapun jenis buah yang dapat dikonsumsi bersama coklat antara lain : strawberry, kiwi, atau pisang.

  1. Dibuat selai coklat kacang


Kacang tanah mengandung protein tinggi dan kaya akan antioksidan, seperti halnya coklat. Oleskan selai coklat kacang pada roti Anda untuk memperoleh manfaat antioksidan dari kedua jenis makanan ini.

  1. Membuat Cookies dari campuran Oatmeal dan Coklat hitam


Oatmeal kaya akan serat, sedangkan coklat hitam kaya akan zat antioksidan. Campuran kedua bahan tersebut akan menghasilkan camilan sehat, tanpa takut menyebabkan gemuk.

cookies

  1. Mengkonsumsi Kacang Almond berlapis Coklat


Bukan hanya buah yang dilapisi coklat leleh saja yang menyehatkan. Mengkonsumsi kacang almond yang dilapisi coklat, juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Karena kacang Almond mengandung antioksidan dan lemak jenuh omega 3.

  1. Mengkonsumsi Coklat dengan cara diparut


Bagi Anda yang takut “kebablasan” mengkonsumsi coklat, cara yang satu ini mungkin bisa Anda coba. Parut coklat Anda dan taburkan pada kue atau makanan yang ingin Anda konsumsi. Parutan coklat tersebut juga dapat langsung Anda konsumsi sesuai selera.

Konsumsi coklat tidak selalu buruk bagi kesehatan. Ganti coklat Anda dengan jenis coklat hitam dan hindari coklat dengan kandungan gula yang tinggi, untuk kehidupan yang lebih sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Dampak Malnutrisi Bagi Kesehatan

Musim Hujan Datang, Waspadai Keenam Penyakit Ini

Tips Mengatasi Mata Kering